Jumat, 27 April 2012

Binatang Paling Langka di Bumi

Sekarang ini ada looo binatang paling langka di dunia, binatang apa? kenapa disebut paling langka? ini jawabannya, binatang ini adalah kura-kura galapagos yang berasal dari Kepulauan Galapagos, kura-kura galapagos adalah kura kura terbesar yang masih hidup dan binatang ini cuma ada 1 di dunia, keren kan?
Lonesome george (george yang kesepian) itu nama dari kura-kura yang kita omongin sekarang, katanya sih umurnya bisa sampai 60-100 tahun, tua banget kan ? kura-kura ini pertama kali ditemukan pada 1 desember 1971.

Kura-kura ini terancam punah karena Ancaman utamanya adalah pemusnahan pada usia muda oleh spesies baru seperti tikus hitam dan kucing, dan juga persaingan dengan kambing dan sapi untuk mendapatkan tumbuhan.
Teknik bercumbu kura-kura galapagos sangat unik. Kura-kura galapagos jantan berlangsung kasar kepada betinanya, setelah menemukan pasangan yang cocok, jantan menubruk betina agar tunduk kepadanya. Betina dilumpuhkan dengan cara mengigit kaki kakinya. Kura kura jantan kemudian menaiki punggung betina untuk kawin.
Cangkang kura kura galapagos bervariasi dan terkait dengan kebiasaan makanya. Cangkangnya berbentuk kubah biasa memiliki subspesies pemakan rumput, sementara cangkang berpelana diadaptasi untuk memakan semak belukar.
Inilah binatang terlangka dan tinggal 1 di bumi, so kita harus memelihara dan menjaganya dengan baik supaya tidak punah.

1 komentar: